Rekomendasi Oleh-Oleh Malaysia yang Berkesan dan Tak Terlupakan

Friday, June 21, 2024


It isn't the size of the gift that matters, but the size of the heart that gives it - anonymous

Hunting oleh-oleh bisa jadi salah satu kegiatan yang cukup menyenangkan sewaktu traveling. Lewat aneka barang yang dipajang di pusat oleh-oleh, kita bisa belajar tentang keunikan dan ciri khas dari suatu daerah atau negara. Misalnya nih, kita lagi traveling ke Malaysia. Trus di pusat oleh-oleh kita melihat segala pernik yang berbentuk atau bergambar twin tower. Kalau aku sih, pasti udah kepo dan berusaha mencari informasi tentang twin tower ini.

Kalau beruntung, aku bisa dapat informasi menarik tentang twin tower ini dari para pedagang di pusat oleh-oleh. Bukan sekadar informasi yang biasanya sudah ada di Google. Tapi informasi dan cerita-cerita menarik lainnya yang bisa jadi hanya diketahui oleh warga lokal. Informasi-informasi seperti ini yang aku perlukan untuk memperkaya artikel perjalananku.

Ngomong-ngomong soal oleh-oleh, kali ini aku mau rekomendasiin oleh-oleh dari Malaysia yang berkesan dan tak terlupakan. Yaa, siapa tau mentemen ada yang mau traveling ke Malaysia dalam waktu dekat dan perlu referensi oleh-oleh.

Urusan beli oleh-oleh ini sebenarnya bukan kewajiban sih. Tapi kalo aku pribadi, setiap traveling ya pasti adalah sesuatu yang aku beli minimal buat keluarga di rumah. Sekadar kenang-kenangan, supaya keluarga di rumah juga bisa ikut mencecap sedikit rasa atau atmosfer dari tempat yang kita kunjungi. Bahkan, aku juga selalu membeli oleh-oleh untuk diri sendiri loh. Kalau ini sih jelas, tujuannya supaya memori tentang suatu tempat itu akan tertanam lebih lama lagi. Makanya, kalo traveling aku selalu nyari oleh-oleh yang bisa tahan lama. Supaya apa? Ya supaya berkesan dan tak terlupakan.

Rekomendasi Oleh-Oleh Malaysia yang Berkesan dan Tak Terlupakan

1. Coklat


Malaysia terkenal sebagai negara penghasil coklat terbaik di Asia. Sementara di dunia, Malaysia menempati urutan kelima sebagai penghasil coklat terbaik. Jadi gak heran kalau coklat termasuk salah satu oleh-oleh favorit bagi wisatawan yang berkunjung ke Malaysia.

Walaupun aku pribadi bukan penggemar coklat, tapi setiap ke Malaysia aku pasti beli coklat buat oleh-oleh keluarga di rumah, terutama anak-anak dan para ponakan.

Pilihan coklat di Malaysia ada banyak. Yang recommended ada Beryl's dan Alfredo. Variannya banyak, mulai dari coklat almond, coklat tiramisu, sampai coklat rasa buah-buahan. Aku pernah beli coklat rasa durian, dan ternyata jadi favorit keluarga di rumah.

Gak cuma variannya aja yang beragam, kemasannya pun macem-macem. Mulai dari kemasan kotak, toples, sampai kemasan yang oleh-olehable banget berupa kotak kaleng bergambar Menara Petronas. Tapi kalau buat oleh-oleh, aku sih lebih suka beli yang kemasan kotak-kotak kecil daripada yang kemasan kaleng bergambar Petronas. Soalnya, yang kemasan kaleng itu selain makan tempat di dalam koper, isinya juga cuma sedikit. Jadi berasa cuma beli kaleng doang, hehehe…

2. Magnet Kulkas


Setiap traveling ke manapun, aku dan suami gak pernah kelewatan untuk beli magnet kulkas. Selain buat oleh-oleh, kami juga selalu beli magnet kulkas untuk diri sendiri.

Magnet kulkas ini kan ukurannya mungil, jadi gak terlalu makan tempat di dalam tas. Udah gitu, biasanya magnet kulkas gambarnya lucu-lucu. Materialnya pun macem-macem, ada yang logam, karet, plastik, atau clay.

Menurut aku, magnet kulkas ini bakalan berkesan banget kalau dijadikan oleh-oleh. Karena bisa terus disimpan. Apalagi kalau dipajang di kulkas, seperti di rumah kami. Setiap buka kulkas, rasanya memori jadi melayang ke tempat-tempat yang tergambar di magnet kulkas itu. Apalagi kalau magnet kulkas itu merupakan oleh-oleh dari sahabat, atau rekan kerja.

Makanya, buat temen-temen yang mau traveling ke Malaysia, aku rekomendasiin magnet kulkas sebagai oleh-oleh. Biarpun harganya murah dan ukurannya mungil, tapi berkesan banget looh..

3. Miniatur Twin Tower


Pajangan berupa miniatur ikon dari daerah atau negara yang kita kunjungi juga bisa jadi oleh-oleh yang berkesan loh. Karena berupa pajangan, dan biasanya ukurannya gak terlalu besar, jadi cocok banget kalo dipajang di atas meja kerja atau bufet.

Nah kalau travelingnya ke Malaysia, miniatur berbentuk Menara Petronas adalah oleh-oleh yang tepat. Miniatur Twin Tower ini biasanya materialnya logam. Ukurannya macem-macem, mulai dari yang ukurannya pas di genggaman tangan, ada juga yang berukuran sekitar 30 cm. Ada yang murni pajangan, ada pula yang multi fungsi. Jadi bisa dijadikan pajangan, tapi juga punya fungsi lain seperti tempat kartu nama, jam meja, sampai garpu buah. Mentemen bisa pilih sesuai selera. Tapi inget, jangan sampai over bagasi yaaa..

4. Legendary Perfume



Hah? Kok parfum?
Eiitss! Simak dulu! Jadi ceritanya, aku baru aja dapet kiriman Legendary Perfume ini dari rekan kerja di Malaysia. Ternyata ini adalah parfum asli buatan Malaysia. Menariknya, Legendary Perfume ini adalah satu-satunya parfum Malaysia yang secara resmi diijinkan dijual di bandara dan duty free shop Malaysia. Waaah.. berarti ini bukan cuma oleh-oleh yang berkesan, tapi juga exclusive.

Aku dikirimin 2 varian Legendary Perfume, Orchid dan Three Wishes. Sebagai penggemar wewangian, asli aku suka banget ama wanginya parfum Legendary ini. Soalnya aromanya enak-enak. Wanginya tuh soft, tapi mewah dan elegan. Trus ketahanannya bisa sampai 8 jam loh. Bahkan kalau disemprotin ke baju, aromanya bisa nempel sampai 2 hari. Pantes aja kalo Legendary Perfume ini popular di kalangan wisatawan Tiongkok dan Korea. Karena emang wanginya seenak ini!

Legendary Perfume - Orchid

Legendary Perfume - Three Wishes

Nah, makanya aku berani rekomendasiin Legendary Perfume ini buat temen-temen yang mau traveling ke Malaysia dan pengen beli oleh-oleh yang berkesan, tak terlupakan dan antimainstream. Gak usah kuatir, Legendary Perfume sudah bersertifikat halal kok. Dan bisa didapatkan di lebih dari 100 lokasi di seluruh Malaysia.

Buat yang penasaran ama Legendary Perfume, next aku bikin reviewnya deh. Tapi boleh juga kalo mau intip-intip websitenya https://legendary.com.my sekalian kepoin instagram official Legendary Malaysia @legendary_officialmy. atau instagram official Legendary Indonesia @legendaryofficial_id.

Segini dulu rekomendasi dari aku, semoga bermanfaat ya, mentemen!

You Might Also Like

3 komentar

  1. jadi tau nih kalo ke Malaysia bawa oleh-oleh apa aja buat handai taulan, thank you mba buat rekomendasi oleh-olehnya

    ReplyDelete
  2. Aku belum pernah ke luar negeri, tapi pernah beberapa kali dapet oleh-oleh magnet kulkas dari luar negeri. Seneng banget rasanya emang. Berkesan gitu, ya. Hehe.
    Btw parfumnya eksklusif banget tuh, cocok banget buat oleh-oleh juga :)

    ReplyDelete
  3. Langsung dong emak-emak malah fokus ke makanan wkwk, tiramisunya pengen nyobain, Mba. Mau kalau ada yang kirimin oleh-oleh dari malaysia hehehe

    ReplyDelete